Selasa, 17 Maret 2009

Silabus

Silabus adalah seperangkat tulisan yang notabene adalah prasyarat bagi guru sebelum mengajar di kelas karena dengan silabus guru akan mengetahui arah pembelajaran mulai dari awal semester sampai akhir dan juga tingkat keberhasilan guru dalam mengajar.

Guru dalam melangkah pembelajaran membutuhkan titian jalan, sehingga mustahil bila tujuan pembelajaran tercapai bila seorang guru tidak mempunyai tolak ukur yang pasti, silabus merupakan rencana kinerja guru dalam pembelajaran.
Anehnya di masyarakat kita ( Indonesia ) seorang guru terutama guru di sekolah swastan di pelosok negeri atau di desa-desa kurang memperhatikan ketersediaan silabus karena mereka menganggap " yang penting ngajar" sehingga ketercapaian pendidikan tidak bisa maksimal.

Begitu pentingnya silabus bagi jalannya pembelajaran maka pemerintah menggalakkan peningkatan sumber daya manusia guru-guru di indonesia dengan berbagai cara dan metode salah satunya dengan di sediakannya bagi guru berbagai tunjangan pendidikan dengan maksud guru mau meningkatkan sumber daya manusianya terutama dlam bidang proses pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More